Categories
Uncategorized

Inilah Manfaat Organisasi Mahasiswa yang Perlu Kamu Ketahui

Deskripsi : Bagi teman-teman mahasiswa, penting untuk diketahui apa saja manfaat organisasi mahasiswa di kampus. Baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang

Sebagai seorang mahasiswa, kamu perlu mengetahui apa saja manfaat organisasi mahasiswa yang kamu ikuti di kampus. 

Organisasi mahasiswa adalah sebuah organisasi yang beranggotakan para mahasiswa dan memiliki tujuan untuk mewadahi minat dan bakat, menampung aspirasi, mengembangkan diri, hingga mengaplikasikan ilmu.

Ada banyak sekali jenis organisasi kemahasiswaan yang bisa kamu ikuti di kampus. Seperti UKM, Himpunan Mahasiswa (HIMA), Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiswa/Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), dan masih banyak lagi. Nah untuk itu Anda bisa kunjungi https://cecepkocep.com/.

Manfaat Dari Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan

Jadwal kuliah sudah cukup padat, ditambah lagi tugas yang diberikan dosen juga cukup menyita waktu. Lalu kenapa tetap disarankan untuk mengikuti organisasi kemahasiswaan?

Perlu kamu ketahui bahwa ada banyak sekali manfaatnya baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Penasaran bukan apa saja manfaat ikut organisasi mahasiswa di kampus? Berikut pembahasannya:

  1. Meningkatkan Wawasan

Dalam berorganisasi, kamu akan dilatih untuk mau mempelajari banyak hal. Akan ada banyak sekali kegiatan yang akan kamu lakukan jika mengikuti sebuah organisasi.

Dan dari sinilah kamu akan melewati banyak sekali proses yang dapat meningkat wawasan maupun pengetahuanmu. Baik itu secara hard skill maupun soft skill. 

Seperti proses kepemimpinan, keterampilan dalam aspek administratif, hubungan sosial dengan banyak orang, kemampuan dalam aspek pengelolaan keuangan, dan banyak lagi.

Tentu sedikit banyak, ilmu-ilmu tersebut akan kamu perlukan sebagai bekal di kemudian hari.

  1. Manajemen waktu

Di tengah kesibukan kuliah juga tumpukkan tugas yang seakan ada habisnya, dengan mengikuti organisasi kamu akan terbiasa untuk mengelola waktu dengan baik.

Tidak hanya itu, seluruh waktu dalam sehari bisa kamu maksimalkan untuk mengisi kegiatan-kegiatan yang positif. Waktu yang terlewat walau hanya sesaat pun akan sangat berharga. 

Itu merupakan pondasi untuk menumbuhkan sikap bertanggung jawab terhadap waktu.

  1. Memperluas Jaringan

Salah satu tujuan dari mengenyam pendidikan tinggi selain belajar adalah memperluas jaringan. Hal tersebut sangat penting apalagi jika berhubungan dengan memperoleh pekerjaan atau menjalankan bisnis setelah kamu lulus.

Dengan mengikuti organisasi, hal tersebut dapat kamu peroleh dengan lebih mudah. Sebab pergaulan yang lebih luas membuat konektivitas akan diperoleh dengan maksimal.

Problem Solving dan Melatih Mental
Salah satu manfaat organisasi mahasiswa yang tak kalah pentingnya adalah sebagai media untuk melatih mental dan problem solving. Sebab kamu akan dituntut untuk menyelesaikan masalah dengan tepat. 

Tidak hanya itu, akan ada banyak sekali tantangan yang akan kamu hadapi dalam berorganisasi. Tentu tantangan tersebut akan menjadi bekal berharga untukmu dalam menghadapi dunia pekerjaan maupun bisnis setelah lulus nanti.

Melatih Jiwa Kepemimpinan
Salah satu pengaruh organisasi bagi mahasiswa yang positif yakni melatih jiwa kepemimpinan setiap individunya. Meskipun dalam menjalankan sebuah organisasi akan dipimpin oleh seorang ketua, akan tetapi setiap anggota juga dituntut untuk memiliki sikap kepemimpinan yang baik. 

Sebab, akan ada banyak sekali hal maupun tantangan yang mengharuskan kamu memiliki sikap dan pandai dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat serta sesuai dengan pedoman organisasi yang kalian ikuti. 

Seperti dalam penyelenggaraan sebuah acara, koordinasi dengan pihak dosen, kerjasama antar organisasi, dan masih banyak lagi. Sehingga jiwa kepemimpinan dalam dirimu akan senantiasa terasah dengan baik.

Tips Memilih Organisasi di Kampus
Untuk kamu mahasiswa baru yang ingin sekali mengikuti organisasi di kampus, setidaknya ada beberapa tips yang perlu kamu ketahuiā€¦.

Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat dan passionmu.
Jangan cuma karena alasan mengikuti teman.
Pahami juga visi misi organisasi tersebut.
Pastikan ada manfaat yang bisa kamu ambil dari mengikuti organisasi yang kamu pilih.

Disarankan mengikuti organisasi yang mendukung perkuliahanmu.
Kesimpulan 
Ada banyak sekali manfaat organisasi mahasiswa yang akan kamu dapatkan jika mengikutinya. Tentu keputusan ada pada dirimu, mau hanya sekedar belajar di kampus atau ikut mengembangkan diri dengan berorganisasiā€¦

Sumber Referensi :
https://campuspedia.id/news/5-tips-memilih-organisasi-atau-ukm-buat-mahasiswa-baru/
https://uma.ac.id/berita/berbagai-manfaat-organisasi-bagi-mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *